Restoran merupakan tempat yang memberikan jasa pelayanan makanan dan minuman terbaik kepada pengunjung. Dengan demikian, karyawan tentunya memiliki peranan penting untuk memberikan pelayanan terbaik melalui kinerjanya. Maka dari itu, menilai kinerja karyawan merupakan salah satu hal yang penting, yang harus dilakukan oleh sebuah restoran. Berikut ini merupakan indikator yang perlu diperhatikan dalam menilai kinerja:
- Kualitas kerja, yaitu kerapian, ketelitian, dan keterkaitan hasil kerja dengan tidak mengabaikan volume pekerjaan. Dengan adanya kualitas kerja yang baik dapat menghindari tingkat kesalahan dalam penyelesaian suatu pekerjaan serta produktivitas kerja yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi kemajuan perusahaan.
- Kuantitas kerja, yaitu volume kerja yang dihasilkan dibawah kondisi normal. Kuantitas kerja menunjukkan banyaknya jenis pekerjaanyang dilakukan dalam satu waktu sehingga efisiensi dan efektivitas dapat terlaksana sesuai dengan tujuan perusahaan.
- Tangung jawab, yaitu menunjukkan seberapa besar karyawan dapat mempertanggungjawabkan hasil kerjanya, sarana dan prasarana yang dipergunakan serta perilaku kerjanya.
- Inisiatif, yaitu menunjukkan seberapa besar kemampuan karyawan untuk menganalisis, menilai, menciptakan dan membuat keputusan terhadap penyelesaian masalah yang dihadapinya.
- Kerja sama, yaitu merupakan kesediaan karyawan untuk berpartisipasi dan bekerja sama dengan karyawan lain secara vertical atau horizontal didalam maupun diluar pekerjaan sehingga hasil pekerjaan semakin baik.
- Ketaatan, yaitu merupakan kesediaan karyawan dalam mematuhi peraturan- peraturan yang melakukan pekerjaannya sesuai dengan instruksi yang diberikan kepada karyawan.
Beberapa indikator diatas dapat Anda jadikan acuan untuk melihat atau menilai bagaimana kinerja seorang karyawan di restoran Anda. Namun dalam pelaksanaan tugasnya, tidak semua karyawan dapat memberikan kinerjanya secara maksimal. Tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah :
1. Kemampuan.
Kemampuan yang dimiliki oleh seorang karyawan restaurant menjadi hal yang sangat penting bagi setiap karyawan sehingga mampu untuk menyesuaikan diri dan beradaptari dengan di lingkungan kerja. Kemampuan kerja karyawan restaurant dianggap penting karena dalam bekerja di restaurant, seseorang tentunya harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang yang di geluti, seperi barista yang memiliki kemampuan dalam meracik kopi atau chef yang memiliki kemampuan memasak.
2. Kejelasan peran dan tugas.
Peran seorang karyawan restaurant dalam pekerjaannya berpengaruh positif dan dominan terhadap perkerjaannya masing-masing yang telah dijabatkan olehnya. Tugas merupakan suatu yang wajib dikerjakan atau suatu perintah yang telah ditentukan untuk dilakukan.
3. Tingkat motivasi.
Motivasi adalah suatu keadaan dalam pribadi seseorang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan, guna mencapai keinginan atau tujuan. Motivasi sangat penting dalam kehidupan seseorang karena adanya tingkat motivasi kita akan terus berjuang atau berusaha untuk mencapai cita-cita dan tujuan yang diinginkan. Apabila seorang karyawan tidak memiliki motivasi yang kuat dalam bekerja, maka ia akan kurang bersemangat dan maksimal dalam mengerjakan pekerjaannya.
Bagaimana Sobat Gawean? Apakah dari penjelasan diatas Anda dapat memahami dan mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dan mempengaruhi kinerja karyawan? Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda untuk memaksimalkan kinerja karyawan di restaurant yang Anda miliki.
Pilihlah pekerja yang berkualitas, bertanggung jawab, dan disiplin! Dengan demikian, akan mempermudah bisnis Anda untuk terus berkembang dan mempertahankan kualitas terbaik bagi pengunjung. Gawean dapat membantu Anda untuk menyeleksi pekerja demi menemukan karyawan terbaik, berkualitas, sesuai recruitment untuk bisnis Anda. Bahkan Gawean memberikan garansi untuk menjamin bahwa pekerja yang dipilih merupakan yang terbaik, sehingga dapat memaksimalkan kinerja karyawan untuk bisnis yang Anda miliki.