Hal-Hal yang Harus kamu Ketahui Sebelum Memulai Startup F&B kamu Sendiri

Industri F&B tidak sulit jika kamu mengikuti tren dan memulai sesuatu yang trendi dan keren

Selalu bertanya-tanya apa yang diperlukan untuk memulai bisnis F&B kamu sendiri? Inilah tips yang akan membantu kamu jika ingin terjun ke dunia F&B.

 

1. Orang dari semua latar belakang dapat memulai bisnis F&B

Ternyata, kamu tidak perlu belajar dan lulus dari sekolah kuliner atau magang di restoran Prancis bintang 5 untuk memiliki bisnis F&B yang sukses. Ini menunjukkan bahwa tidak peduli latar belakang dan pendidikan kamu, jika kamu memiliki antusias untuk belajar, disiplin dan ketekunan untuk berhasil, maka kamu memiliki kesempatan dalam industri F&B.

 

2 Mulai bisnis kamu dengan mempertimbangkan pelanggan kamu

Tidak dapat disangkal bahwa penting untuk menghasilkan keuntungan saat menjalankan bisnis, karena itu adalah mata pencaharian kamu. Sebagian besar pengusaha akan sulit mengakui bahwa satu-satunya tujuan mereka memulai bisnis adalah untuk menghasilkan banyak uang. Dalam memulai bisnis perlu mempertimbangkan keuntungan pelanggan. Tampaknya jika kamu ingin orang menyukai startup F&B-mu, kamu harus memiliki niat mulia untuk berbagi sesuatu yang berharga.

 

3. Lakukan research

Misalnya dengan menghabiskan waktu bepergian ke seluruh daerah untuk survey pasar, menyempurnakan resep dan bahan-bahan. Pilih teman yang sangat jujur ​​untuk menguji rasa produk kamu. Penting dalam menguji produk untuk mengidentifikasi celah dari produk kamu dan mendapatkan feedback dari pelanggan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis kamu

 

4. Tanamkan semangat tim yang kuat pada staf kamu

Kemungkinan alasan sebuah startup F&B bisa gagal salah satunya karena mempekerjakan tim yang buruk. Orang dalam bisnis kamu adalah representasi dari merek kamu. Penting bagi staf untuk menjalani pelatihan dan mereka harus memahami 'bagaimana' dan 'mengapa' perusahaan kamu sehingga mereka sepenuhnya mengetahui peran yang harus mereka lakukan. Budaya kerja yang baik harus ditanamkan sejak awal. Kamu bisa melibatkan staf dalam pengambilan keputusan di perusahaan, bukan yang besar, tapi yang kecil, sehingga rasa kepemilikan tercipta di dalam diri staf itu sendiri. Mereka akan merasa menjadi bagian dari perusahaan.

 

5. Memiliki pola pikir dan kondisi mental yang benar

Jika kamu berpikir memulai F&B hanya tentang membuat produk yang bagus dan menunggu uang masuk, kamu salah besar. Persiapan mental diperlukan untuk rintangan di depan, karena banyak waktu yang dibutuhkan untuk mengatur dan menyiapkan segala hal termasuk membeli dan menyiapkan bahan, waktu memasak, penyajian dll.

 

6. Tren datang dan pergi, jangan mengikuti hype

Berbahaya untuk membuat bisnis hanya untuk mengikuti hype. Produk kamu harus dibuat untuk bertahan lebih lama dari tren ini dan kamu harus memiliki kepercayaan penuh pada makanan kamu sehingga tidak hanya menarik ratusan pelanggan dalam waktu singkat dan akhirnya menghilang, tetapi ribuan pelanggan dalam waktu yang lama hingga bertahun tahun

Ingin memulai startup F&B kamu sendiri? Butuh tim kerja untuk startup F&B kamu? Gabung dengan Gawean dan pasang lowongan kamu ya!

Belum punya akun Gawean?
Daftar Yuk!