Cara Mudah Dan Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan F&B Kamu

Ingin beberapa strategi yang berguna untuk meningkatkan penjualan restoran? Jangan khawatir, kami di sini untuk membantu dengan ide-ide untuk meningkatkan pendapatan bisnis kamu!

Apabila kamu menjalankan kafe, restoran, atau bar, berikut adalah beberapa tips bermanfaat tentang bagaimana kamu bisa mendapatkan lebih banyak penjualan dalam bisnis makanan dan minuman.

1. Tingkatkan layanan pelanggan kamu

Kadang-kadang kita masih mengalami layanan pelanggan F&B di bawah standar yang membuat pengalaman makan kita buruk. Kamu tidak akan pernah mencapai potensi pendapatan maksimum tanpa memberikan layanan pelanggan yang hebat, bahkan jika kamu menyajikan makanan atau minuman yang enak. Inilah sebabnya mengapa layanan pelanggan yang bagus sangat dihargai di industri F&B.

 

2. Tambahkan opsi yang lebih sehat ke menu kamu

Lebih banyak pilihan sama dengan lebih banyak penjualan. Makanan sehat sangat populer sekarang, dengan semua tren diet yang kita lihat. Orang-orang sekarang lebih sadar akan kesehatan, jadi menu kamu juga harus demikian. Jadi apa yang harus kamu lakukan sebagai pemilik bisnis cepat saji?

Nah kamu dapat meningkatkan potensi pendapatan bisnis F&B kamu dengan menyediakan opsi yang lebih sehat di menu kamu. Misalnya, kamu dapat membiarkan pelanggan kamu mengganti nasi, sertakan atau tingkatkan pilihan vegetarian atau bahkan menambahkan menu rendah kalori. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat menu kamu lebih sehat bagi pelanggan kamu.

 


3. Masuk ke branding dan media sosial

Tampil menonjol dengan memberi merek pada bisnis dan menu kamu, dan dengan tetap aktif di media sosial. Buat beberapa resep lokal dengan nama yang menarik dan jangan lupa untuk memposting gambar bagus dari kreasi kamu secara online dan terus update secara rutin. Ingatlah bahwa orang sekarang cenderung makan makanan karena laper mata, jadi foto dan video yang bagus di media sosial kamu akan membantu memikat mereka dan pada akhirnya meningkatkan penjualan F&B kamu.

 

4. Berikan penawaran khusus untuk menarik pelanggan agar datang kembali 

Tawarkan fasilitas seperti stempel atau kartu hadiah kepada pelanggan kamu. Buat mereka tetap setia dengan menawarkan sesuatu misalnya makanan atau minuman gratis. Semakin banyak mereka kembali ke toko F&B kamu, semakin banyak penjualan yang akan kamu hasilkan. Orang-orang menyukai barang gratis, jadi gunakan itu untuk membuat mereka kembali lagi dan lagi.

Kamu juga dapat memasuki pasar baru dengan membentuk kemitraan dengan bisnis lain. Misal kamu dapat bermitra dengan toko pakaian dan membuat menu khusus untuk jangka waktu tertentu, dan mereka dapat memberi pelanggan mereka hadiah ke kafe/restoran kamu.

Ide lain adalah berpartisipasi dalam acara lokal seperti bazar makanan, terutama untuk memperkenalkan produk kamu. Acara khusus juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

 

5. Perhatikan desain menu 

Desain menu atau rekayasa menu, adalah ilmu tentang bagaimana dan di mana menempatkan item kamu di menu atau papan menu kamu. Kamu perlu merencanakan dan merancang menu secara strategis untuk memaksimalkan keuntungan. Kedengarannya sulit? Tidak, kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk melakukan sedikit riset. Tips dalam mendesain menu F&B kamu:

  • Sorot item yang paling ingin kamu jual, misalnya tambahkan ikon “disarankan oleh koki” di sebelahnya
  • Gunakan foto-foto yang menarik secara visual di menu kamu jika kamu bukan tempat makan mewah.
  • Singkirkan tanda mata uang dalam harga kamu sehingga pelanggan kamu tidak terlalu fokus pada kesulitan harga yang harus mereka bayar untuk pesanan mereka.
  • Cantumkan harga kamu tepat setelah deskripsi makanan/minuman, bukan di kolom, sehingga pelanggan kamu tidak fokus pada harga.

 

6. Mengatur waktu tunggu tidak terlalu lama

Orang tidak suka menunggu. Itu fakta. Sayangnya bagi pelanggan, menunggu adalah bagian tak terpisahkan dari bisnis F&B, baik itu dalam antrian atau di meja. Waktu tunggu yang lama pada akhirnya dapat merugikan bisnis kamu. Pelanggan yang sudah bosan menunggu mungkin akan meninggalkan toko kamu menuju pesaing kamu. Mereka bahkan mungkin meninggalkan ulasan buruk secara online. Dan yang terburuk, mereka mungkin tidak akan pernah kembali. Kecepatan layanan sangat penting untuk bisnis F&B apa pun. Dan jika tenaga kerja menjadi masalah dalam hal ini, pertimbangkan untuk menerapkan sistem pemesanan tabel QR sehingga pelanggan dapat memindai menggunakan hp mereka untuk memindai QR untuk melihat menu, memesan, dan membayar. 

Salah satu cara untuk membuat waktu menunggu tidak terlalu lama bagi pelanggan yang sudah duduk, adalah dengan menawarkan makanan ringan kepada mereka. Ini memberi pelanggan kamu sesuatu untuk menenangkan mereka saat mereka menunggu makanan mereka tiba. Ini juga merupakan tanda keramahan dan menunjukkan kepada pelanggan kamu bahwa kamu benar-benar menyambut mereka. 

Intinya berikan pengalaman positif bagi pelanggan yang menunggu.

 

7. Gunakan Data Untuk Meningkatkan Manajemen Dan Menghemat Waktu

Data yang kamu kumpulkan dapat memberi kamu wawasan yang berguna tentang kapan jam sibuk kamu, apa makanan atau minuman terlaris kamu, siapa pelanggan terbaik kamu, item apa yang paling sedikit dipesan di menu kamu, dan banyak lagi.

Data juga dapat digunakan untuk melacak dan meningkatkan berbagai hal terkait F&B, yang dapat kamu gunakan untuk merencanakan toko dan meningkatkan penjualan kamu.

 

Temukan karyawan terbaik dengan mudah untuk membantu meningkatkan penjualan kamu dengan bergabung bersama kami di Gawean!

Belum punya akun Gawean?
Daftar Yuk!