Selama kurang lebih 2 tahun dilanda pandemi COVID-19, ternyata sedikit banyak mempengaruhi industri F&B. Bermunculan tantangan baru bagi industri ini yang pada akhirnya membelokkan cara pandang dan pilihan customer dalam hal konsumsi dan transaksi. Tantangan ini tentunya mendorong para penggerak bisnis di bidang F&B untuk mampu beradaptasi dengan pilihan para customer.
Perubahan-perubahan yang terjadi ini pada akhirnya memunculkan kebiasaan dan tren baru dalam industri F&B. Berikut beberapa tren F&B pasca pandemi:
1. Pelayanan Berbasis Aplikasi
Dengan adanya pandemi, orang-orang mengubah kebiasaannya menjadi lebih memperhatikan kesehatan dan keamanan dalam mengonsumsi makanan. Banyak orang memilih untuk tidak dine-in di restoran. Untuk itu, hampir seluruh restoran memanfaatkan aplikasi smartphone untuk dapat terus menjalankan bisnisnya. Aplikasi menjadi salah satu hal krusial bagi restoran untuk dapat terus terhubung dengan para customer. Melalui aplikasi, restoran dapat menyajikan menu dan menerima pesanan.
2. Penguatan Digital Marketing
Selama pandemi, tentunya masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Dengan demikian, penggunaan media sosial pun meningkat. Berpacu dari situasi ini, tentunya pemilik bisnis kuliner juga perlu memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk makanan dan minumannya. Visual menjadi tokoh utama bagi restoran untuk menarik minat pelanggan. Untuk itu, selain bersaing dalam hal cita rasa, kini restoran perlu juga untuk mempertimbangkan tampilan atau kemasan dari produknya.
3. Ghost Kitchen
Situasi COVID-19 ini telah mendorong kita untuk mengurangi kontak antara pelanggan dan penjual. Hal ini tentunya akan merugikan restoran karena kurangnya pelanggan yang datang. Salah satu cara untuk meminimalkan biaya operasional restoran adalah dengan memusatkan kekuatannya pada penyediaan makanan delivery-only. Ghost Kitchen diprediksi akan terus ada dan berkembang seiring kita meninggalkan pandemi.
4. Minat Terhadap Makanan Sehat
Saat ini masyarakat mulai menyadari akan pentingnya kesehatan. Ditambah dengan situasi pandemi ini, tentunya mempengaruhi masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat seperti makanan organik atau vegan. Hal ini mendorong bisnis kuliner untuk mulai menciptakan menu organik kepada para pelanggan. Perubahan gaya hidup sehat masyarakat dapat menjadi peluang yang baik bagi bisnis kuliner kedepannya.
Demikianlah 4 tren dalam industri F&B pasca pandemi. Empat tren tersebut dapat Anda jadikan referensi tentunya untuk terus mengembangkan bisnis Anda sesuai minat para pelanggan masa kini.